4 Cara Mengobati Kucing yang Sakit Mata


Kucing adalah hewan yang aktif suka dengan kegiatan fisik. Berlarian, mengigit benda-benda, mencakar, memanjat pohon atau perabotan rumah. Dalam aktivitasnya, tidak jarang kucing mengalami cidera pada beberapa anggota tubuhnya. Terutama yang paling sering adalah matanya. 
Mata kucing sangatlah mudah terluka. Luka yang terjadi di area mata kucing akan semakin buruk jika tidak di tangani dengan baik. Beberapa kasus dapat menyebabkan tertutupnya bola mata oleh kotoran atau debu yang menyebabkan kucing sering belekan. Jika di biaran dapat menyebabkan infeksi yang serius serta mengeluarkan bau yang tidak sedap pada area mata dan hidung kususnya kucing jenis flatnose.
Kucing yang mengalami belekan
Kucing yang mengalami belekan
Untuk itu, mari kita bahas cara penanganan sakit mata yang terjadi pada kucing. Berikut ini adalah cara sederhana mengobati mata kucing dari ringan sampai ke gejala yang berat :

1. Mata Kucing Sayup atau Sipit Sebelah

Gejala ini muncul biasanya saat kucing bangun tidur atau terkena bentura pada salah satu matanya, tetapi tidak sampai terkena bola matanya. Cukup pijat pada pinggiran mata. Usap dan bersihkan kotoran yang menempel menggunakan air hangat. Jangan ditekan terlalu keras, cukup diusap.

2. Mata Kucing Merem Sebelah

Gejala ini biasanya muncul saat bola mata kucing terkena goresan pada area dalam yang menyebabkan rasa perih jika dibuka. Jika gejala ini terjadi, tunggu beberapa saat sampai kucing merasa rileks agar tidak shock dan stres. Biasanya jika tidak terlalu parah, perlahahan kelopak mata kucing akan membuka dengan sendirinya. Selain itu, juga bisa kita bantu dengan cara mengusap air hangat pada kelopak mata secara perlahan.

3. Mata Kucing Tidak Bisa Terbuka, Menutup dan Lengket (Pilek)

Gejala ini biasanya dialami kucing yang masih balita dan kucing yang terkena pilek. Karena cuaca dingin gejala ini dapat ditangani dengan menyeka mata menggunakan air hangat dan handuk lembut sampai kotoran terangkat. Perhatikan juga asupan nutrisinya karena cuaca dingin rentan membuat kucing pilek dan muntah (masuk angin).

4. Mata Kucing Belekan dan Berbau Tidak Sedap

Bau tidak sedap bisa menjadi indikasi terjadinya infeksi pada area mata kucing. Penanganannya bisa menggunakan obat anti jamur atau bakteri. Bila diperlukan, pada kasus ini, usahakan untuk melakukan konsultasi dengan dokter hewan.
Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk kasus umum adalah pertama-tama bersihkan kotoran atau belek pada area sekitar mata kucing. Pada jenis peaknose biasanya kotoran akan masuk ke sela-sela antara hidung dan mulut. Bersihkan dengan air hangat. Usahakan kucing merasa nyaman. Setelah bersih dapat diteteskan genoint sulfate pada mata yang mengalami infeksi. Cukup 1 tetes lalu lihat reaksinya. Berikan sehari 1–2 kali pada saat pagi dan malam hari. Kurangi dosis saat kucing mulai membaik.
obat sakit mata
Genoint Sulfate
Sumber: Halodoc.com
Jika ada pertanyaan bisa di tanyakan pada kolom momentar, semoga bisa manmbah wawasan untuk sobat cat lover. Semoga membantu.

Baca juga artikel lainya pada blog ini.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter