Fungsi dan Cara Penggunaan Magic Wand Tool pada Adobe Illustrator CC

Magic Wand Tool adalah salah satu alat yang disediakan pada Adobe Illustrator CC. Fungsinya adalah untuk menyeleksi beberapa objek sekaligus berdasarkan warna objek, warna garis tepi pada objek, ketebalan garis tepi pada objek, ukuran transparan yang digunakan.

Langsung saja siapkan file yang akan diseleksi. Ketika kamu menyeleksi 1 file dengan cara menekan tool Magic Wand Toll atau menekan tombol Y pada keyboard dan klik objek, maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini. 


Padahal kamu hanya ingin menyeleksi warna tertentu saja tetapi yang terseleksi semua objek yang warnanya berbeda-beda. Tenang saja. Kamu bisa mengaturnya. Caranya double klik pada tool Magic Wand Tool. Nanti akan muncul sebuah jendela Magic Wand. Atau bisa juga kalian aktifkan dengan cara klik menu windows > magic wand.


Kamu bisa ubah angka yang terdapat pada kotak tolerance. Ubah angkanya ke angka yang lebih kecil. Misalkan kita ubah menjadi 10. Lalu klik objek yang ingin kita seleksi. Nanti hasilnya akan seperti ini.


Objek yang terpilih adalah objek yang memiliki tingkat warna yang mendekati warna objek yang  dipilih. Bila kamu ingin memilih objek dengan warna yang sama persis, ganti angka menjadi 0. Maka yang akan terseleksi adalah objek-objek dengan warna yang sama persis. 


Kalau kamu ingin menyeleksi sesuai warna garis tepi, bisa aktifkan stroke color. Sedangkan Stroke weight bisa kalian aktifkan jika ingin menyeleksi berdasarkan ukuran garis tepi. Begitu pula dengan opacity dan blending mode bisa kalian aktifkan jika ingin menyeleksi objek yang memiliki efek transparan.

Itu tadi adalah fungsi dan cara penggunaan Magic Wand Tool pada Adobe Illustrator. Jika kamu ingin membaca artikel desain grafis lainnya, bisa klik link ini.
Newest Older

Related Posts

1 comment

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter