2 Cara Mudah Menyimpan File dari Adobe Illustrator menjadi PNG

Setelah menyelesaikan desain yang dibuat, kita akan menyimpan file desain dalam format sesuai dengan keperluan. Untuk keperluan digital, yang paling direkomendasikan adalah gambar dengan format PNG.
Berikut ini adalah dua cara yang bisa digunakan untuk menyimpan gile dari Adobe Illustrator menjadi PNG.

1. Melalui Export As

Cara menyimpan file pada Adobe Illustrator menjadi PNG yang kita ketahui umumnya adalah dengan cara klik File > Export > Export As. Setelahnya akan muncul jendela seperti berikut ini.
Memunculkan Jendela Export As
Tampilan Jendela Export As
Pilih lokasi penyimpanan file yang akan di-export. Isi nama file, ubah save as type menjadi PNG. Jika ingin meng-export pada artboard tertentu, centang aktifkan Use Artboard dan pilih artboard nomor berapa yang akan di export. Jika sudah selesai, lalu klik tombol Export.

2. Melalui Jendela Layer

Selain melalui Export As, ternyata kita bisa menyimpan file dengan menggunakan cara aktifkan jendela layer. Jika sudah, seleksi layer yang akan di export menjadi PNG. Cari icon yang berbentuk persegi dengan gambar panah pada sisi kanan atas. Jika kursor didekatkan ke arah icon tersebut akan muncul nama icon tersebut adalah Collect for Export. Klik icon tersebut.
Tampilan Jendela Layer
Lalu akan muncul jendela seperti di bawah ini.
Setelah Klik Collect for Export
Atur skala gambar yang akan di-export dengan menekan tombol drop down pada kolom scale. Jika ingin menyimpan file dalam format selain PNG pun juga bisa mengganti pada kolom format dengan cara menekan tombol drop down.
Jika sudah selesai, klik tombol export pada bagian bawah. Akan muncul jendela seperti di bawah ini. 
Tampilan Saat Pick Location
Pilih folder tempat menyimpan file. Setelah itu klik tombol Select Location. Secara otomatis, gambar sudah tersimpan pada folder yang sudah dipilih sebelumnya.

Itu tadi adalah dua cara mudah menyimpan file dari Adobe Illustrator menjadi PNG. Mudah sekali kan? Kamu pun pasti bisa mempraktikannya dan membuat desain yang keren.
Jika kamu ingin mengetahui tutorial lainnya, bisa klik di sini
Selamat Mencoba!

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter